Home » , » Mentan: Harga Bawang Tinggi, Insentif Bagi Petani

Mentan: Harga Bawang Tinggi, Insentif Bagi Petani

JAKARTA - Meningkatnya harga bawang putih dinilai sebagai insentif bagi petani. Menteri Pertanian Suswono mengatakan kenaikan harga ini otomatis membuat petani lebih bersemangat menanam.

"Kalau ada kenaikan harga otomatis petani bergairah," ujar Suswono, Rabu (13/3).

Namun, kata Suswono, menanam tidaklah semata-mata soal harga tinggi. Untuk mencapai produksi yang otimal, sambungnya, petani juga memerlukan waktu atau timing yang tepat.

"Tidak bisa harga lagi bagus (lalu petani langsung menanam). Bahkan kadang petani bisa tertipu. Menanam ramai-ramai ketika harga bagus, pada akhirnya ketika panen raya jatuh lagi," tuturnya.

Pengaturan masa panen ini, lanjut Suswono, sangat penting agar menjaga harga di tingkat petani tetap baik. Ia menekankan insentif harga bagi para petani jangan sampai memberatkan konsumen.

Menurut dia, mekanisme resi gudang untuk komoditas pangan bisa membantu menjaga harga di tingkat petani. Jika harga sedang jatuh, petani bisa menunda penjualan komoditas. Namun, petani masih bisa mendapatkan akses keuangan melalui komoditas yang dijamin dalam gudang tersebut.

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/03/13/mjl8s6-mentan-harga-bawang-tinggi-insentif-bagi-petani
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. DPD PKS KAB. BREBES - All Rights Reserved