Home » , » Puskaptis: Gatot Pujo & Gus Irawan Bersaing Ketat di Pilkada Sumut

Puskaptis: Gatot Pujo & Gus Irawan Bersaing Ketat di Pilkada Sumut


Jakarta - Pilkada Sumatera Utara akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyebut dua calon, yaitu Gatot Pujo-Tengku Erry dan pasangan Gus Irawan-Soekirman bersaing ketat.

Lembaga survei Puskaptis bersama Indomatrik melakukan survei dalam dua tahap yaitu 18 sampai 22 Februari dan 25 hingga 28 Februari 2013 tentang elektabilitas tertinggi calon gubernur Sumut.

Metode survei dilakukan dengan Teknik Multistage Random Sampling dengan responden 1.250 orang. Margin error sekitar 2,08 persen dan survei juga dilakukan dengan metode wawancara tatap muka.

"Dua calon bersaing ketat yaitu Gatot dengan Gus Irawan," ujar Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, di Hotel Ibis, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2013).

Menurut Husin dalam survei yang dilakukan di seluruh wilayah Sumatera Utara, yaitu 33 kabupaten/kota, Gatot Pujo-Tengku Erry mendapatkan 33.49 persen suara dan Gus Irawan-Soekirman sebanyak 26,48 persen. Tingkat partisipasi publik terhadap pilkada yang akan diselenggarakan pada 7 Maret mendatang sekitar 68,25 persen.

"Ada dua kali tahap yang kita lakukan. Pada data terakhir 20 Februari lalu, urutan ketiga ada pada Amri Tambunan dengan 11,85 persen, Chairuman Harahap 7,80 persen, dan Effendi Simbolon 7,40 persen," paparnya.

Menurut Husin, suara dua kandidat yaitu Gatot Pujo dan dan Gus Irawan masih akan bisa berubah. Hal ini dikarenakan masih ada 12,98 persen swing voters yang belum menentukan pilihan.

"Jika pun suara swing voters dibagi rata, maka tetap saja kedua kandidat yaitu Gatot Pujo dan Gus Irawan masih yang teratas," kata Husin.

Sementara itu, berdasarkan tingkat militansi pemilih pasangan calon, sekitar 87,59 persen dari pemilih Gatot Pujo telah mantap memilih kandidatnya. Sedangkan 85,81 persen dari pemilih Gus Irawan juga menyatakan setia pada calonnya.

"Artinya ada potensi satu putaran dan juga potensi dua putaran dari Gatot Pujo dan Gus Irawan," ucapnnya.

"Tingkat militansi pemilih terhadap pasangan cagub sangat menentukan kemenangan masing-masing calon," imbuhnya.

Pemungutan suara Pilkada Sumut akan digelar pada 7 Maret 2013 mendatang. Ada 5 pasang cagub bertarung di Pilgub Sumut. Yakni nomor urut (1) Gus Irawan Pasaribu-Soekirman diusung Partai Gerindra, (2) Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi diusung PDIP, (3) Chairuman Harahap-Fadly Nurzal diusung Partai Golkar, (4) Amri Tambunan-RE Nainggolan diusung Partai Demokrat, dan (5) Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi diusung PKS dengan Hanura.

http://news.detik.com/read/2013/03/01/165343/2183523/10/puskaptis-gatot-pujo-gus-irawan-bersaing-ketat-di-pilkada-sumut
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. DPD PKS KAB. BREBES - All Rights Reserved