Home » , » Petani - Pedagang Bawang Merah Siap Dukung Suswono

Petani - Pedagang Bawang Merah Siap Dukung Suswono

Pa Suswono berfoto bersama Pengurus Paguyuban Petani Pedagang Bawang merah
Brebes - Bawang merah yang selama ini menjadi ikon Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dan merupakan pemasok utama bagi kebutuhan bawang merah secara nasional menjadi perhatian serius Suswono, mantan Menteri Pertanian era Presiden SBY, yang siap maju sebagai calon bupati (cabup) Brebes periode 2017-2022.
Dalam pertemuan bersama Paguyuban Petani Pedagang Bawang Merah (P3BM) Kabupaten Brebes di pasar grosir bawang Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, kemarin, terungkap bahwa selama ini petani dan pedagang bawang merasa kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah.
Suswono mengatakan, sejak menjadi anggota DPR RI tahun 2014 sampai ketika diminta oleh SBY untuk menjadi Menteri Pertanian, dirinya selalu memberikan perhatian lebih kepada petani dan pedagang bawang merah di Kabupaten Brebes. Suswono memberikan konsep agar semuanya untung, petani untung pedagang juga untung, dan ini bisa dijaga agar terus stabil.
“Saya percaya, baik pedagang maupun petani tidak setuju kalau harga bawang bisa naik sampai Rp 60 ribu. Tapi suatu saat anjlok sampai Rp 3000. Karena itu pemerintah harus turun tangan mengstabilkan harga, bisa dengan cara berkoordinasi antar daerah penghasil bawang merah," katanya.
Dengan demikian, lanjut Suswono, saat musim tanamnya diatur agar ketersediaan bawang terjaga, dan tidak ada panen massal yang mengakibatkan harga anjlok. Disisi lain, perlunya pemerintah memfasilitasi petani dan pedagang agar bermitra dengan perusahaan perusahaan besar yang memanfaatkan bawang merah sebagai bahan bakunya.
Untuk mendukung program pertanian, juga perlu dibangun embung dan bendungan baru serta revitalisasi bendungan yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk menyimpan dan memastikan ketersediaan air saat musim kemarau, sehingga mencukupi untuk melakukan budidaya pertanian.
"Air hujan sebisa mungkin ditahan agar jangan sampai langsung hilang ke laut, karena itu perlu dibangun bendungan karet seperti di daerah aliran sungai Pemali," ucapnya.
Ketua P3BM Brebes, Johari bersama segenap pengurus dan anggotanya, mendukung Suswono untuk maju sebagai calon Bupati Brebes pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Brebes yang akan digelar pada 15 Februari 2017 mendatang.
"Ya supaya Kabupaten Brebes memiliki bupati yang peduli dengan petani, dan berjuang mamajukan petani yang selama ini sudah ditunjukkan oleh Bapak Suswono ketika menjadi anggota DPR RI mapun Menteri Pertanian," tandasnya.
Sumber : Pantura News
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. DPD PKS KAB. BREBES - All Rights Reserved